BERITASATPAM | Kalteng-Profesi satuan pengamanan (Satpam) memang menantang, bahkan salah satu secwan yang punya nama Lisa Agustina ini memiliki pengalaman menarik saat bertugas di Bank Kalteng, terutama saat menghadapi nasabah bank.
Sebagai seorang secwan, panggilan akrabnya Lisa ini harus bisa menghadapi nasabah yang sedang berada di lingkungan kerjanya. “Selain menjaga keamanan tetap kondusif, saya juga harus bisa membantu nasabah yang akan melakukan keperluan di bank,” ungkapnya kepada Jurnal Security, Senin (29/6/2020).
Selama menjadi satpam sejak tahun 2016, Lisa pernah mendapati nasabah yang sedang marah-marah. Namun demikian, Lisa harus tetap tersenyum memberikan pelayanan maksimal hingga membuat nasabah menurunkan kemarahannya atau tidak marah lagi.
“Ada juga nasabah yang mohon maaf kurang mendengar, disitu sangat menguji kesabaran kami yang bertugas dan kami tetap selalu tersenyum dan melayani dengan ikhlas,” ujar Lisa.
Bagi Lisa yang sebelum menjadi satpam sebagi karyawan di sebuah toko sandal ini, menjadi satpam sangat menantang karena itu harus banyak belajar untuk berinteraksi dengan siap saja yang datang ke bank.
“Sangat mulia di sini kita belajar cara sopan santun, selalu senyum, bisa lebih akrab sama orang lain menguji kesabaran namun tetap dalam kewaspadaan pengamanan,” papar perempuan kelahiran Kalimantan Tengah Sungai Damar 25 Agustus 1997 ini.
Lisa berpesan kepada rekan-rekan satpam, untuk tetap semangat karena profesi kita sangat mulia hanya orang-orang tertentu yang bisa jadi satpam, tetap bersyukur meski kadang selalu direndahkan orang lain. “Tetap jaga kesehatan tetap waspada dan semangat buat secwan-secwan di luar sana kita harus bangga dengan profesi kita karena cuma orang yang tertentu bisa seperti kita tetap bersyukur,” jelasnya. [rj/her]